Selasa, 03 November 2015

Cara Memulai dan Mengelola Bisnis Franchise



Tahukah Anda bahwa membeli waralaba atau menjalani bisnis franchise sebagai franchisee adalah salah satu kegiatan usaha yang sangat menjanjikan saat ini? Bagaimana tidak, bisnis waralaba sangat membantu dan memudahkan para pemula yang ingin menjalani bisnis dengan modal yang terbilang kecil. Karena itulah bisnis waralaba menjadi salah satu solusi yang terbaik dan paling efektif untuk memanfaatkan modal yang Anda miliki. Dalam memulai dan mengelola bisnis yang satu ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik. Untuk itu, simaklah cara memulai dan mengelola bisnis waralaba di bawah ini.

1.       Perhitungkan dan persiapkan modal dengan baik.
Modal usaha merupakan hal yang teramat penting dalam memulai suatu bisnis, termasuk untuk membeli franchise yang Anda pilih. Modal yang dibutuhkan untuk membeli franchise diantaranya yaitu modal biaya untuk membeli paket franchise yang cocok, modal ketersediaan tempat dan juga modal tenaga kerja atau operasional. Saat ini, modal untuk menjalankan suatu usaha franchise bisa Anda mulai dengan modal di bawah 10 juta, kisaran harga tergantung dari paket franchise dan jenis waralaba yang Anda inginkan.



2.       Pilih tempat strategis.
Biasanya, pihak franchisor atau pemilik franchise menyarankan Anda untuk membuka usaha di tempat-tempat yang strategis dan juga ramai supaya potensi usaha yang dikelola akan semakin berkembang dengan baik. Tempat atau lokasi yang dimaksud diantaranya yaitu di sekitaran perumahan, sekolah, mall atau pusat perbelanjaan khususnya franchise di bidang kuliner meliputi makanan dan minuman. Semakin strategis tempat yang Anda pilih, maka semakin tinggi pula potensi usaha franchise berjalan dengan efektif.

3.       Tentukan franchise yang tepat dan prospektif.
Memilih franchise dengan selektif sangatlah penting karena produk yang Anda jual nanti akan menentukan keberhasilan usaha yang Anda miliki. Pilihlah franchise dengan baik dan matang dengan memperhatikan beberapa poin di bawah ini, yaitu:

·         Jenis produk yang dijual.
·         Reputasi produk franchise yang ditawarkan.
·         Keahlian dan kemampuan Anda.
·         Daya tarik dan minat masyarakat.
·         Harga paket dan fasilitas franchise yang disediakan.
·         Peraturan franchise dan ada tidaknya pembayaran royalty dalam pembelian franchise.

4.       Ikuti prosedur franchise dengan baik.
Menjalin kemitraan dengan pihak franchisor merupakan salah satu tahap penting dalam mengelola bisnis franchise. Pasalnya, pihak franchisor akan memberikan arahan dan SOP bagaimana cara mengelola usaha franchise yang telah Anda beli. Support dan dukungan yang diberikan oleh pihak franchisor dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin supaya perkembangan usaha yang sedang Anda jalani bisa terus maju dan profit yang dihasilkan sesuai dengan estimasi.

5.       Konsisten dan tingkatkan daya saing.
Konsisten dalam menekuni usaha yang telah Anda pilih adalah suatu kunci keberhasilan dalam berbisnis. Dengan memiliki sikap konsisten dan pantang menyerah dalam meningkatkan daya saing usaha, otomatis bisnis yang Anda lakoni akan terus berjalan dengan baik dan menghasilkan pemasukan yang bonafit. Selain dilakukan dalam menekuni usaha franchise, sikap konsisten juga menjadi modal penting bagi setiap pengusaha untuk meraih sukses.


Itulah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan dalam memulai dan mengelola bisnis franchise yang kini marak diminati oleh para pengusaha UKM. Modal dan resiko yang terbilang rendah bisa disiasati apabila pengelolaan franchise dilakukan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai saat ini Anda mencoba untuk membeli dan menekuni bisnis yang satu ini sebagai salah satu sumber penghasilan yang Anda miliki. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar